Jumat, 20 Januari 2012

9 Cara Membuat Windows lebih optimal tanpa menggunakan software

Ada beberapa cara yang digunakan agar komputer kita dapat berjalan lebih cepat dan optimal, tentunya tanpa menggunakan Software khusus. langsung saja ya :

1. Menggunakan file system dalam bentuk NTFS
   
Jika kamu baru menginstall windows xp, gunakanlah selalu file system NTFS untuk di partisi C nya. karena File sistem NTFS lebih cepat diakses dan scandisknya juga sangat cepat. Jangan gunakan FAT, kecuali jika kamu ingin windows 98, 2000. karena Windows 98 bawaannya file systemnya adalah FAT. untuk bisa mengakses file NTFS, maka diperlukan dengan tambahansoftware: berupa ntfs-reader atau NTFS98.

2. Memilih program startup yang perlu

Bagian ini harus selalu kamu cek, karena kalau berisi virus / spyware / malware, komputer kamu pasti jadi lambat. Untuk membuka startup ini, kamu jalankan START --> RUN, lalu ketik msconfig, buka tab startup nya.

Di sinilah terlihat semua program yang dijalankan pada saat startup. kamu bisa mengeceknya satu persatu file tersebut dihardware, terletak di folder apa. Jika kamu sempat, klik kanan file tersebut, dilihat properties-nya, terus dilihat versi dan siapa pembuatnya. Jika dari Microsoft atau sumber lain yang kamu percaya berarti aman. Jika ada program yang tidak perlu, hilangkan cek pada baris yang mau di-non-aktifkan.
3.Mematikan services yang tidak perlu
 
Masih dalam window msconfig, buka tab services. Ini adalah service yang otomatis dijalankan windows pada saat startup. Ada beberapa service yang tidak perlu dan sebaiknya dimatikan, yaitu:

--> Automatic Live Update Scheduler :
Jika komputer kamu tidak terhubung Internet sama sekali. lebih baik dimatikan. karena service ini di gunakan untuk otomatis update windows.
--> Error Reporting Service :
Jika kamu pernah melihat window yang isinya “error occured ….” terus ada pilihan send atau don’t send. Itulah guna dari service ini. Kita biasanya memilih don’t send, jadi service ini sebaiknya dimatikan.
--> Live Update, sama dengan Automatic Live Update Scheduler.
--> Automatic Updates, sama dengan Automatic Live Update Scheduler.
--> Remote Desktop Help Manager :
Digunakan untuk membantu kamu jika mengalami kesulitan atau error di windows, kamu bisa meminta teman kamu untuk mengakses komputer kamu dari jarak jauh (Internet). Jika kamu tidak pernah memakainya, service ini sebaiknya dimatikan.
--> Remote Registry :
Untuk mengakses registry (file setting windows) dari jarak jauh. Sebaiknya dimatikan.
--> Uninterruptible Power Supply (UPS) :
Ini hanya digunakan jika komputer kamu menggunakan UPS, yaitu alat yang berguna untuk menyimpan energi listrik ketika listrik padam. Matikan service ini jika kamu tidak menggunakan UPS.
--> Even Log.Windows :
mencatat semua log tentang apa yang terjadi di windows. Jika kamu tidak pernah menggunakan even log (ada di Control Panel -> Administratif Tool), maka service ini boleh dimatikan.
--> Windows Audio : Boleh dimatikan jika komputer Anda tanpa sound card.

4. Meminimalkan visual effect

Caranya Buka Start Menu -> Control Panel -> System Properties. Buka tab Advanced. Klik pada Performance setting. Pada tab Visual effect pilih Adjust for Best Performance. Kemudian cek pada pilihan Use visual styles for windows and buttons agar tampilan windows kamu tetap seperti Windows XP.

5. Mengeset virtual memori yang optimal

Buka Start Menu -> Control Panel -> System Properties. Buka tab Advanced. Klik pada Performance setting. Klik tab Advanced. Pada bagian bawah ada pilihan Virtual Memory, klik pada tulisan Change. Gunakan custom size. Isi dengan:

Minimum : 1024 MB

Maximum : 2048 MB

6. Scan dan defragmen secara teratur

Scan (seminggu sekali) dan defragmen (sebulan sekali) harddisk kamu secara teratur. Buka windows explorer, klik kanan pada harddisk Anda, pilih Properties. Buka tab tools. Pilih error checking untuk menjalankan scan disk, dan pilih defragmentation untuk men-defragmen hardisk.

7. Hapus isi Prefetch dan My Recent Document

Buka folder windows di explorer, lalu buka folder prefetch, hapus semua file yang ada di situ, soalnya folder ini adalah rekaman selama kita menjalankan komputer dan tidak diperlukan lagi jadi hanya akan memberatkan windows saat bothing. kemudian buka folder document and settings yang ada di local disk c, lalu buka folder yang namanya sesuai dengan nama saat kamu login. terus buka folder My Recent Document. hapus semua isinya agar komutermu lebih ringan saat dialankan.

8. Ubah startup dan recovery

caranya kamu klik sebelah kanan di My computer lalu pilih properties. lalu di system proertiesnya pilih Advanced. kemudian buka di setting startup dan recvery. di default operating systemnya yang ada angka time out=30, maksudnya adalah 30 detik saat kita boothing, ubah jadi 10 agar proses saat kita boothing windows jadi lebih cepat.

9. Perbesar ruang buat prefetch melalui registry
 


Dengan perbesar ruang buat prefetch melalui registry. caranya di start lalu pilih Run. kemudian ketik Regedit. setelah itu pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\Session Manager\MemoryManagement\PrefetchParameters\ Liat dibagian “EnablePrefetcher”nya. Ubah Nilainya dari 3 menjadi 5
 
inilah 9 tips untuk membuat windows XP menjadi lebih cepat dan optimal, tanpa software tambahan. Semoga berguna.

sumber : Oka Mahendra (http://tutorialgratis.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar