Selasa, 11 Januari 2011

WWW (World Wide Web)

WWW (World Wide Web)
World Wide Web, atau disingkat dengan WWW dan umumnya dikenal sebagai Web. Web adalah suatu sistem dokumen hypertext yang diakses melalui Internet. Dengan menggunakan browser Web, kita dapat melihat halaman web yang berisikan berupa teks, gambar, video, dan multimedia lainnya.
WWW atau World Wide Web ini di ciptakan atau di perkenalkan oleh  seorang insinyur bahasa Inggris dan komputer yang bernama Timothy Berners-Lee pada tahun 1989. Istilah Internet dan World Wide Web yang sering digunakan sehari-hari tidak banyak beda. Namun, Internet dan World Wide Web tidak satu dan sama.
karena Internet adalah suatu sistem global (umum) jaringan komputer yang saling berhubungan. Sebaliknya, Web adalah salah satu layanan yang berjalan di Internet. Ini merupakan kumpulan dokumen yang saling berhubungan dan sumber daya lainnya, yang dihubungkan oleh hyperlink dan URL (Uniform Resource Locator) . Singkatnya, Web adalah sebuah aplikasi yang berjalan di Internet. Melihat halaman web di World Wide Web secara normal. Mulai baik dengan mengetik URL dari halaman ke web browser, atau dengan mengikuti hyperlink ke halaman atau sumber daya . Web browser kemudian memulai serangkaian pesan-pesan komunikasi, di belakang layar, dalam rangka untuk mengambil dan menampilkannya. 
URL (Uniform Resource Locator)
 
URL singkatan dari Uniform Resource Locator (kalo diterjemahkan adalah Pelokasi Sumber Daya Seragam), yaitu suatu rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan suatu alamat atau suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Timothy Berners-Lee pada tahun 1991. URL ini di tunjukan untuk penulisan-penulisan dokumen, agar dapat merujuk ke World Wide Web (WWW). Sejak tahun 1994, konsep URL ini telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.
(sbr:wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar